Friday, December 9, 2016

Aplikasi Sasaran Kerja Pegawai Elektronik (SKPE)

Aplikasi Elektronik Sasaran Kerja Pegawai (e-SKP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah aplikasi yang digunakan untuk menghitung kinerja dari seorang pegawai dalam jabatan yang diampunya di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Proses perhitungan realisasi SKP mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS yang Ketentuan Pelaksanaannya sudah diatur dalam Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Nomor 1 Tahun 2013. Aplikasi SKP meliputi proses penyusunan SKP dan realisasinya, penilaian perilaku kerja, dan menampilkan hasil kinerja dari masing-masing pegawai.

SKP ini tidak cuma untuk jabatan fungsional saja, jabatan struktural jga naninya ikut mengisinya juga. Dalam mengakibatkan Rencana Sasaran Kerja, pegawai perlu melengkapi/ mengisi isian Formulir Rencana Sasaran Kerja Pegawai yang tersedia pada menu Rencana SKP. Rencana Sasaran Kerja Pegawai merupakan kontrak kerja pegawai dalam 1 th. anggaran. Sebelum melengkapi isian selanjutnya pastikan bahwa Jabatan yang tertera udah cocok bersama nama Jabatan Anda. Untuk lihat detil data kamu silakan klik pada menu Lihat Profil, terkecuali terdapat data yang tidak cocok silakan hubungi unit kepegawaian kamu untuk memperbaiki data tersebut.

Aplikasi Sasaran Kerja Pegawai Elektronik (SKPE)

Aplikasi SKP dapat diakses menggunakan web browser seperti internet explorer, firefox, dan crhom pada laman http://skp.sdm.kemdikbud.go.id. Pegawai yang dapat menggunakan aplikasi SKP adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) tak terkecali SKP PNS Guru yang tercatat dalam database kepegawaian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk melakukan pembaruan database kepegawaian tersebut dapat dilakukan oleh user dari pengelola kepegawaian di masing-masing unit kerja yang ditunjuk melalui laman http://data.sdm.kemdikbud.go.id.

Periode Pengisian SKP dilakukan pada awal tahun di bulan Januari yaitu pada minggu 1 s.d. 3 dan Persetujuan Pejabat Penilai dapat dilakukan pada minggu terakhir bulan Januari.

Aplikasi Sasaran Kerja Pegawai Elektronik (SKPE) 2016
Aplikasi Sasaran Kerja Pegawai Elektronik (SKPE) 2016

Pada anggota pertama formulir, terdapat nama Anda pada kolom Pegawai Yang Dinilai dan nama Atasan Langsung yang menilai atau Pejabat Penilai. Pada anggota kedua, terdapat kolom isian Kegiatan Tugas Jabatan, AK, Kuantitas/Output, Kualitas/Mutu, Beban Kerja, Waktu, Biaya, dan Aksi.

Tidak berbeda dengan aplikasi sebelumnya hanya beda tampilan saja berikut ini alamat download tutorial Aplikasi Sasaran Kerja Pegawai Elektronik (SKPE) 2016

Unduh tutorial lengkap Sasaran Kerja Pegaai elektronik (SKPE) di sini


Demikian postingan Admin yang berkaitan dengan Aplikasi Sasaran Kerja Pegawai Elektronik (SKPE) 2016 harapan kami semoga bermanfaat

Read More

Wednesday, December 7, 2016

Aplikasi Raport Kurikulum 2013 (K13) SD Revisi

Bingkai Aplikasi: Aplikasi Raport Kurikulum 2013 (K13) kini sudah banyak dicari oleh guru untuk membantu pekerjaan administrasi penilaian di lembaganya. Guru amat memerlukan sebuah aplikasi, dikarenakan banyaknya atau begitu kompleknya cara menginputnya. Sebagai perbandingan bila dahulu guru hanya cukup menuliskan pada raport nilai kognitifnya saja, namun sekarang guru diharuskan untuk memasukkan 3 kompetensi yaitu ranah kognitif, ranah psikomotor juga afektif yang selainkan harus memunculkan nilai, predikat dan deskripsinya disetiap mata pelajaran berdasarkan kompetensi dasar mana yang nilainya tinggi maupun rendah.

Aplikasi Raport Kurikulum 2013 (K13) SD Revisi

Dalam proses penilaian hasil belajar siswa seorang pendidik memerlukan bermacam-macam instrumen penilaian baik itu berupa tes tulis maupun lisan, lembar pengamatan, memeberikan tugas perseorangan maupun kelompok, juga bentuk lain yang disesuaikan dengan karakteristik tingkat perkembangan siswa dan juga kompetensi yang diajarkan
Dalam penilaian hasil belajar ada beberapa mekanisme yang harus diperhatikan oleh pendidik diantaranya meliputi :

Merancang strategi penilaian berdasarkan rencana pelaksananaan pembelajaran atau RPP yang didasarkan pada SILABUS;
Penilaian hasil belajar ini dilaksanakan semata-mata berguna untuk memantau perkembangan proses kemajuan belajar siswa yang nanti bisa dgunakan untuk pengayaan maupun perbaikan hasil belajar siswa yaitu melalui pemberian tugas kepada siswa; Untuk penilaian aspek sikap guru melakukan observasi/pengamatan kepada siswa yang nanti akan disampaikan dapalm raport dalam bentuk predikat ataupun deskripsi; Sedangkan untuk aspek pengetahuan guru bisa melakukan tes secara tertulis, lisan maupun tugas yang disesuaikan dengan kompetensi yang ada.; untuk penilaian ketrampilan guru bisa mengambil dari nilai praktik, portoffolio dsb yang disesuaikan dengan kompetensi yang ada; Hasil akhir nilai pengetahuan dan ketrampilan disampaikan berupa angka dan deskripsi yang tertuang dalam aplikasi raport ini

Aplikasi Raport Kurikulum 2013 (K13) SD Revisi 2016
Aplikasi Raport Kurikulum 2013 (K13) SD Revisi 2016

Berikut ini ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan sebelum mengerjakan aplikasi tersebut agar berjalan dengan lancar diantaranya sebagai berikut:

Input Data Umum                                       

terdiri dati bagian-bagian data umum yang mesti di input dan di isi untuk kelengkapan data-data raport     
a. data Guru                                       
berisi data-data umum dan data guru yang harus diisi termasuk data nama-nama guru, mata pelajaran yang    di ampu nya serta nilai KKM per mata pelajarannya                                       
b. Data siswa                                       
Data siswa adalah data isian data-data identitas siswa                                       
c. Data ekskul                                       
data ekskul, merupakan data-data kegiatan ektra kurikuler, yang terdiri dari 5 ekskul dimana ke 5 kegiatan ekskul tersebut diisi sesuai ekskul yang diikuti oleh siswa masing-masing                                       
d. Data Absensi                                       
bersisi data absensi siswa, baik alpa, sakit dan izin serta keterangan siswa naik atau tidak nya kejenjang selanjutnya untuk Jenis Pilihan Ulangan Kenaikan Kelas                                       
e. Sikap Antar mata pelajaran                       
merupakan keterangan deskripsi sikap siswa terhadap mata pelajaran yang diikutinya

Input Nilai Mata Pelajaran berisi data isian nilai-nilai mata pelajaran untuk kelengkapan nilai pada raport    untuk memudahkan pengisian data inputan nilai mata pelajaran, cukup di copy paste saja nilai yang ada pada Aplikasi Penilaian Guru Mapel     contoh hasil dari copy paste dari Aplikasi Penilaian Guru Mapel ke daftar Input Nilai mata Pelajaran untuk mengetahui daftar mata pelajaran apa saja yang sudah di isi, maka pada bagian Input Nilai Mata pelajaran terdapat INDOKATOR untuk mengetahui Mata Pelajaran yang sudah diisi atau belum berisi data inputan Poto Siswa, untuk kelengkapan pada lembar Identidas Biodata siswa data potonya cukup di innsert apda menu / Tab Insert -> pilih tool Pinture -> pilih poto siswa                                   
Output Data                                        
terdiri dari 4 bagian output yang dihasilkan                           
1. Raport                                       
merupakan output hasil data yang sudah diisi, serta merupakan hasil raport yang akan dibagikan ke siswa      
2. Deskripsi                                       
berisi bagain lembaran raport selanjutnya,,, yang berisi deskripsi-deskripsi siswa antar mata pelajaran           
3. Leger                                       
berisi bagaian daftar Nilai-nilai untuk setiap mata pelajaran                                       
4. Biodata                                       
berisi identitas Biodata siswa                                       

5. Keterangan Siswa Pindahan                                       
berisi 2 bagian isian data keterangan siswa pindahan                                       
1. siswa pindah masuk                                       
2. siswa pindah keluar                                       
                                       

6. keterangan Kelulusan                                       
berisi 2 bagian :                                        
1. Data siswa lulus                                       
berisi data-data siswa lulus, yang mesti isi adalah nomor peserta UN, nomor Ijasah,                                     
2.keterangan LULUS / TIDAK LULUS dan tanggal lulus                                       


Simpan (SAVE AS) File ini dengan menekan tombol F12 pada Keyboard anda                                       
File simpanan diisi dengan FORMAT nama :  LEGER RAPORT-KELAS-Jenis ulangan -SEMESTER- Tahun Pelajaran  (Contoh : LEGER RAPORT-7A-UAS Ganjil-2014/2015)                                       
Jika sudah selesai diisi, serahkan file Aplikasi Raport K13 ini ke bagian TATA USAHA   

Dengan Ranking Siswa
Download Aplikasi Raport Kurikulum 2013 (K13) SD Revisi 2016
Download Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 (K13) SD Revisi 2016

Tanpa Ranking Siswa
Download Aplikasi Raport Kurikulum 2013 (K13) SD Revisi 2016
Download Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 (K13) SD Revisi 2016

Perlu diketahi untuk aplikasi di atas adalah preview, jadi bila Anda ingin memiliki yang full Anda perlu merogoh kocek untuk membeli dari aplikasi tersebut. Bila Anda ingin yang GRATISAN namun tidak kalah dengan yang BERBAYAR silakan unduh di sini

Download aplikasi Kurikulum 2013 SD semester 1 dan 2 gratis


Terima kasih Anda telah membaca dan mengunduh Aplikasi Dengan Ranking Siswa maupun tanpa rangkin
Raport Kurikulum 2013 (K13) SD Revisi 2016 dan Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 (K13) SD Revisi 2016
Semoga bermanfaat
                              
Read More

Tuesday, December 6, 2016

Aplikasi Absensi Siswa

Bingkai Aplikasi: Absensi siswa selalu digunakan ole guru untuk mengetahui tingkat kehadiran siswa yang ada dalam kelas setiap harinya. Untuk mengabsen siswa terkadang guru meminta siswa untuk mengerjakannya, ada yang pakai manual juga ada yang pakai aplikasi. Kali ini admin ingin berbagi aplikasi yang berhubungan dengan absensi siswa yang sudah dilengkapi dengan rekap bulanan, semester hingga tahunan
Aplikasi Absensi Siswa
Aplikasi Absensi Siswa

Aplikasi Absensi Siswa

Aplikasi ini dapat dipakai untuk semua jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP,SMA, hingga SMK. Dalam aplikasi ini sudah mencakup beberapa bulan dalam satu tahun sehingga aplikasi ini sudah dapat digunakan untuk SEMESTER 1 dan SEMESTER 2

baca juga Aplikasi guru 2017

Dalam aplikasi ini sudah ada beberapa fitur mulai dari
Input data
Grafik absensi bulanan
Grafik absensi per semester
Grafik absensi per tahun


Untuk memperjelas penggunaan aplikasi silakan lihat dulu aplikasi yang sudah saya sematkan di bawah ini


Aplikasi ini mencakup untuk 50 siswa, guru tinggal mengisi kehadiran mulai dari Sakit, Izin, Absen, nanti akan langsung direkap tersendiri mulai dari presentase kehadiran perhari hingga per tahun. Sebelum mengerjakan aplikasi ini user perlu mengisi biodata pada sheet DATA yang isinya tentang biodata lengkap siswa mulai dari no induk, nama, NISN, alamat hingga orang tua. Selain itu guru mengisi DATA SEKOLAH, juga hari eektif dalam bulan bulan tertentu pada kotak yang tela disediakan. untuk GRAFIK BULANAN, SEMESTER, dan TAHUNAN guru tidak usah mengotak atik lagi tinggal mengeprinnnya bila digunakan atau dimintai laporan

Unduh aplikasi Absensi untuk semua jenjang ini di sini


Terima kasih Anda telah menyempatkan hadir dan membaca artikel tentang aplikasi absensi siswa untuk SD,SMP, SMA/SMK semester 1 dan 2. Jangan lupa untuk berkomentar

Alhamdulillah baru saja selesai admin untuk membagikan Aplikasi Absensi Siswa dengan harapan semoga nanti bisa diunduh dan dipergunakan dengan mudah dan tak lupa pula ucapan terima kasih sudah mampir disini untuk mempelajari dan mengunduh aplikasi yang dibagikan secara gratis untuk kemajuan mutu pendidikan di Indonesia
Semoga bermafaat
Read More

Aplikasi Pengelolaan Wali Kelas

Kali ini Admin ingin berbagi aplikasi pengelolaan wali kelas. Ada beberapa ketentuan yang harus dipahami oleh pemakai diantaranya. User diarapkan tidak menghapus, merubah baris maupun kolom karena hal ini akan berpengaruh secara langsung pada format yang ada pada aplikasi. Begitu juga dengan sheet yang ada diharapkan jangan merename atau merubahnya karena akan mempengaruhi kinerja aplikasi, bisa jadi nanti aplikasi akan error. Aplikasi ini dapat digunakan pada semua mata pelajaran yang jumlahnya hingga 18 bidang study.
PENGELOLAAN NILAI WALI KELAS
PENGELOLAAN NILAI WALI KELAS

 Aplikasi Pengelolaan Wali Kelas

Aplikasi ini untuk wali kelas dengan ketentuan maksimal siswa ada 60 sisa dan hanya berlaku pada satu kelas. berikut ini adalah beberapa ketentuan yang ada dalam menggunakan aplikasi tersebut, dimohon untuk mempelajari dan memperhatikan tutorial di baah ini.
1]. Isikan Nama & NPSN Sekolah Anda kemudian Klik Data Sekolah Dan Lengkapi
2]. Isi Nama KS & Wali kelas Serta Nipnya, Isi Tahun Pelajaran : misal 2013/2014 - . Isi Kelas & Rombel : misal IA             
3]. Lengkapi Data Guuru & Siswa Dapat Di Copy Dari hasil Eksport Peserta Didik APP Padpodik    
4]. Isi No & Nama Mata pelajaran Yg Diajarkan Disekolah Secara Berurut Serta - KKMnya   
5]. Klik Tombol Nilai isikan Nilai Seperti PR,UH,UTS dan UAS Setiap Mata Pelajaran. Jumlah,Rata2,Raport& Rangking Terakumulasi Otomatis           
6]. Isi Jenis Ekstrakurikurer , Jenis Kepribadian yg Dinilai, Serta Prosentase Bobot Nilai untuk PR,UH,UTS &UAS.   
7]. Klik Menu Absen Harian Untuk mencetak blangko Absen Harian & Klik Menu Analisis Untuk Membuat Blangko Analisis   
8]. Klik Menu Rekap Absen Untuk Mencatat Rekap Absen Setiap Akhir Bulan   
9]. Klik Tombol Rekap UTS & UAS Jika Ingin Melihat Hasil Rekap Nilai Hasil UTS & UAS 18 mapel Setiap Semester           
10]. Kik Tombol REKAP RAPORT Jika Ingin Melihat Rekap Raport Tiap Smt. Isi Rekap Absen & Nilai Ektrakurikurer Serta Pengembangan diri & Pesan Guru    
11]. Klik Menu Cetak Daya Serap Untuk Laporan Daya Serap tiap Kegiatan UTS & UAS Baik Semester Ganjil Maupun Genap.   
12]. Klik Cetak Raport untuk Membuat Raport Sementara … Untuk 2 Semester

Silakan unduh Aplikasi Pengelolaan Wali Kelas di sini


Read More

Monday, November 28, 2016

Aplikasi Raport Kurikulum 2013 SMK

Melanjutkan berbagi aplikasi Raport Kurikulum 2013 kali ini admin ingin berbagi aplikasi bagi guru-guru SMK. Aplikasi yang ada masi berkutat pada aplikasi excel yang merupakan hasil karya dari Bapak Parmin. Dalam aplikasi ini ada beberapa sheet diantaranya sheet Kompetensi Dasar, juga biodata guru dan siswa, selain itu dalam sheet pembuatan raportnya terbagi menjadi  beberapa sheet, yaitu untuk sampul, keterangan, biodata siswa juga deskripsi rapotnya. Berhubngan dengan hal diatas berikut ini Admin bagikan Aplikasi Raport Kurikulum 2013 SMK untuk Anda

Aplikasi ini ringan karena filenya tidak begitu besar cuma kisaran Kb tidak sampai Mb. Jadi bila anda ingin mengunduhnyapun tidak akan menghabiskan kuota internet. Begitu juga bila anda menggunakannya sangat ringan tidak perlu membutuhkan spek laptop yang bagus aplikasi ini saya kira sudah akan berjalan dengan lancar

Aplikasi Raport Kurikulum 2013 SMK


Aplikasi Raport Kurikulum 2013 SMK
Aplikasi Raport Kurikulum 2013 SMK

Berikut beberapa langkah tutorial yang ada dalam aplikasi tersebut- Aktifkan / Enable MACRO Anda sebelum mengisi raport
 - Halaman RAPORT dan DES_KOMP tidak boleh dirubah secara manual, kecuali keterangan Naik atau Tidak Naik Kelas
- Urutan pengisian / input data mulai dari Biodata, Bio_Guru, Leger dan Deskripsi Kompetensi per MAPEL - Untuk melakukan editing/pencetakan klik "Buka Raport" terlebih dahulu, jika telah selesai klik "Kunci Raport"
- Untuk LEGER ; Jangan menghapus Baris / Kolom (yang diperbolehkan adalah menyembunyikan "HIDE atau UNHIDE")
 - Jika data tidak ada biarkan DALAM KEADAAN kosong
- Jika data telah terisi semua, barulah anda berpindah ke Sheet RAPORT
- Jika data telah terisi semua, barulah anda berpindah ke Sheet RAPORT
 - Bukalah kunci Sheet RAPORT dengan menggunakan TOMBOL yang tersedia pada LEGER atau BIODATA
- JANGAN PERNAH merubah data langsung dari RAPORT
- Pilih Non - Aktifkan Naik Kelas untuk semester Ganjil dan Aktifkan Naik Kelas untuk semester Genap di "DES_KOMP" - Nama mapel peminatan (misal:Minat 1, dst) disesuaikan dan diganti pada LEGGER - COVER 1 s.d 4 dicetak pada kelas 1 semester 1 saja

Dalam sheet raport juga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya
-    Aktifkan / Enable MACRO Anda dan Baca PETUNJUK  
-    Halaman ini tidak boleh dirubah secara manual, kecuali keterangan Naik atau Tidak Naik Kelas          
-    Urutan pengisian / input data mulai dari Biodata, Bio_Guru, Leger dan Deskripsi Kompetensi per MAPEL
-    Untuk melakukan editing/pencetakan klik "Buka Raport" terlebih dahulu, jika telah selesai klik "Kunci Raport"
-    Untuk semester 2, menampilkan naik kelas / tidak naik klik Aktifkan atau Non-Aktifkan Naik Kelas

Download Aplikasi Raport Kurikulum 2013 SMK 

      
Read More